Menikmati Curug Bengkawah Bersama Pacar Dengan 50 Ribu? Bukan Mitos!

Salam hangat untuk semua, ketemu lagi bersama saya yang unyunya mentok sampai ke ujung jalan.

Kali ini saya akan sedikit curhat tentang liburan saya bersama pacar saya yang cantiknya gak ketulungan, siapa lagi kalau bukan…. yap anda benar! #w0y ane gak tau dodol! teriak penonton.

Oia, ini pacar saya, Lili namanya :*

pacar ane nih, guys

pacar ane nih, guys

Cantik kan? Apa kurang jelas? lanjut baca dulu ya :p

Oke jadi minggu kemarin itu saya liburan bersama mbak pacar ke sebuah curug di daerah pemalang bagian selatan, namanya Curug Bengkawah, tepatnya di Desa sikasur,  Kec. Belik, Pemalang.

curug bengkawah

curug bengkawah

Jika ditempuh dari tempat tinggal saya kurang lebih berjarak 40 km. Lumayan jauh sih, Belom lagi saya harus jemput pacar saya yang unyunya gak bisa digubris wkwkwk.

Dan taukah anda anda semua? bahwa saya jalan jalan hanya membawa uang 50 Ribu! ya 50 Ribu!

tapi karena tujuan saya untuk membahagiakan pacar, uang 50 saya manage semaksimal mungkin, muehehehe

Buat apa saja 50 ribu itu?

Pertama, 20 ribu untuk isi bensin, ya karena saat itu bensin motor saya tinggal seiprit, kan bisa kualahan kalau abis di jalan, nyahahaha

Oke, sekarang tinggal 30 ribu buat apa lagi? yap buat beli bekal! saya beli bekal snack dan minuman ringan seadanya secukupnya seunyu-unyunya.

Habis berapa buat beli bekal? yap, kalo dipasin kurang lebih 15 ribu gan.

haus neng?

haus neng?

yuhu.. uang tinggal 15 ribu kami meluncur ke tkp! ternyata di sana gratis masuknya, tapi ada retribusi parkir sepeda motor 10 ribu di tengah sawah gitu. Dan uang saya tinggal 5ribu bro! nyahahaha

gadis desa

gadis desa

Oia, curug bengkawah itu artinya curug bengkahan tengah sawah gan, hehehe.

Lanjut ke cerita, kami berjalan dari tempat parkir menuju curug lumayan jauh kurang lebih 200 meter, cukup buat cuci mata juga karena di sekeliling kami penuh dengan bentangan sawah yang hijau asri sentosa damai sejahtera #lebay dikit joss :p

Dan setelah berjalan kurang lebih sepuluh menit sampailah tempat yang kita tuju! curug bengkawah di depan mata kita! mari Narsis!

narsis 1

narsis 1

narsis 2

narsis 2

narsis 3

narsis 3

model shampoo

model shampoo

duh cantiknye

duh cantiknye

Oke, setelah kami puas bermain air dan tentunya puas bernarsis ria #pastinya, dan mengingat waktu sudah mulai senja, kami bergegas untuk pulang sebelum malam datang.

pulang yuk sayang...

pulang yuk sayang…

saya puas bisa mengajak pacar saya jalan-jalan walau cuma membawa uang 50ribu, apapun  saya lakukan untuk orang terkasih. Toh uang %)ribu tadi masih sisa 5ribu lumayan bisa buat beli cilok pas pulang. nyahahahaha

“Bahagiakanlah orang yang kamu cinta selagi kamu bisa.” begitu kira-kira kata seorang tukang becak yang pernah saya jumpai disebuah warung makan sederhana 😀

Sekian catatan perjalanan saya bersama mbak pacar, mungkin ini tidak terlalu penting buat orang lain, tapi bagi kami ini adalah sebuah kenangan yang takkan terlupakan. 🙂

 

Iklan

“BEDHOGAN, Sosok Misterius Yang Ditakuti Anak Kecil”

bedhogan
Bagi mereka yang masa kecilnya di dekade 90an dan dekade² sebelumnya khususnya di daerah Pemalang, bedhogan adalah sosok yang menakutkan jika mereka bayangkan, terutama bagi anak-anak yang hidup di pedesaan.
Bedhogan adalah penculik kejam yang digambarkan memakai baju ala kadarnya dan mengenakan topi, serta membawa kandi (karung plastik tempat beras) dan sabit/ arit, hampir mirip seperti penampilan pencari rumput dan ada juga yang mirip pemulung. Begitulah kira-kira visualisasi yang dikatakan para orang tua kepada anak-anaknya pada jaman itu jika anaknya hendak bermain di tengah siang.
Konon bedhogan berkeliaran di teriknya siang, incaran mereka anak-anak yang bermain diluar rumah sendirian.
Mungkin bedhogan bila ditela’ah ada sangkut pautnya dengan kata “bedhog” atau “bedhug” yang berarti kata orang pedesaan itu
“waktu dhuhur” atau “tengah siang”, sesuai dengan waktu bedhogan beroperasi.
Ada yang bilang juga, bedhogan akan dengan tega memotong-motong tubuh korban dan lantas memasukannya kedalam karung.
Atas dasar apa bedhogan menculik anak-anak, masih tanda tanya.
Dikarenakan belum ada cerita tentang bedhogan yang meminta sejumlah tebusan.
Ada mitos yang menyebutkan kalau bedhogan mencari korban untuk dijadikan tumbal.
Cerita ini memang membuat orang tua berhasil membujuk anak-anaknya untuk mengurungkan niatnya bermain.
Apakah ini sebuah trik supaya anaknya tak bermain di teriknya siang? bisa jadi.
Mungkin orang tua takut anaknya sakit karena berpanas-panas ria.
Apa karena kasus bedhogan ini pernah terjadi?
Entahlah, yang pasti sebagai orang tua harus waspada dan khawatir kepada buah hatinya.
Apa orang tua anda pernah berbicara kepada anda tentang BEDHOGAN?

sumber gambar : Google

“JIPIN, Salah Satu Kesenian Pemalang Yang Telah Lama Punah”

Ludruk saudara jauh Jipin
Apa anda tau JIPIN? Mungkin jika anak muda jaman sekarang ditanya soal seperti itu pasti jawaban mereka: “apa itu? gak tau, makanan apa itu? au ah gelap!”
Tapi jika orang tua terutama yang sudah kakek-nenek pasti sebagian besar TAHU!! terutama di sekitar kecamatan taman.
Sebenarnya apa itu Jipin? Jipin adalah drama tradisional yang berkembang disekitar jaman kemerdekaan hingga tahun 70an, terdiri dari para pemain dan diiringi musik gamelan.
Pementasannya dilapangan terbuka/dihalaman rumah orang yang mempunyai hajat/syukuran dan menanggap hiburan Jipin. Tak jarang jipin dapat panggilan hingga keluar kota.
Biasanya drama tradisional yang diceritakan adalah cerita-cerita rakyat seperti bawang merah bawang putih, ande ande lumut dan lain sebagainya.
Ceritanya, biasanya diselingi dagelan/humor. Tapi tak jarang penonton di buat menangis karena dicerita yang dipentaskan begitu sedih (contoh: ketika bawang putih yang dianiyaya ibu tirinya).
Jipin mempunyai kesamaan dengan Ludruk (drama kesenian khas jawa timuran) yaitu :
-pemainnya laki-laki semua.
-diiringi musik gamelan.
-mengangkat cerita rakyat dan kehidupan sehari-hari.
Seiring perkembangan jaman, Jipin kian menghilang dan sepi job.
Dengan adanya hiburan yang lebih modern, serta semakin berkurangnya orang yang mau menekuni kesenian ini.
membuat kesenian Jipin hilang ditelan jaman.
Terima kasih ibu, terima kasih (alm)bapak, dan terima kasih (alm) kakek penulis.
yang telah mengenalkan penulis dengan Jipin, meski hanya cerita.

Sumber gambar : Google

“Dysdercus-cingulatus” dimana mereka?

Bapa Pucong
Apa itu Dysdercus-cingulatus? mungkin nama itu begitu asing ditelinga kita, tapi tahukah anda jika hewan ini mungkin pernah anda siksa pada waktu kecil? yap, BAPAPUCONG! Hewan yang sangat unyu dan menggemaskan untuk disiksa ini dulu sangatlah banyak populasinya.
Biasa ditangkap untuk dijadikan mainan dengan cara dilemparkan keatas dan terbang dengan sendirinya (biasanya jenis bapapucong jantan).
Tak jarang juga hewan ini ditemui sedang melakukan MAKING LOVE seperti pada gambar.
Ada juga teman kecil penulis yang gemar menyuntik hewan ini dengan air hingga pecah! (penyiksaan berat 😦 )
Hewan yang hidup didedaunan hijau ini sekarang sulit ditemui dan hampir tidak ada populasinya di Pemalang terutama di daerah Kabunan. Padahal dulu disitu adalah gudangnya.
Menurut anda apa yang membuat hewan ini punah?

Sumber gambar : Google

HANTU-HANTU YANG PERNAH HITS DI PEMALANG

Oke kali ini penulis akan memposting hantu² yang nge hits di pemalang, apa saja? mari kita lihat!

1. Hantu Tek~Tek~Brek

Image

Yups, hantu yang pertama Tek Tek Brek! konon hantu ini berwujud kerangka manusia/jerangkong. Dan setiap beraksi selalu menimbulkan bunyi tek tek brek, sehingga manusia menyebutnya hantu tek tek brek. bunyi tersebut berasal dari kedua sikunya yang dihentakkan (tek-tek) dan setelah itu baru dengkulnya yg dihentakkan (brekkk).
Penulis juga pernah mengalami kisah tentang hantu ini. ketika itu penulis sedang tidur ganteng terbangun gegara mendengar suara tek tek tek, bukan! itu bukan suara tukang nasi goreng! dulu belum ada yg jualan nasi goreng dikampung penulis. saat mendengar suara itu penulis panas dingin, keweden, hingga long longan asu njalung menghentikan alunan musik tek tek brek.

2. Hantu Wiyonggo

Image

Yang kedua, hantu Wiyonggo atau biasa disebut juga Wiyengge dan Buncul, spesies hantu ini konon berdomisili di sungai. Rambut panjang terurai di air sungai adalah ciri khasnya. Kadang setiap penampakannya diawali tangisan bayi, entahlah kok bisa gitu. Menurut mitos, wiyonggo adalah carnivora, makanan favoritnya adalah janin dan ubun-ubun. Maka dari itu setiap ibu hamil yang mau bab ke sungai selalu membawa gunting. Mungkin itu salah satu cara untuk melindungi diri dan kandungan dari perbuatan tak senonoh wiyonggo. Wiyonggo konon takut akan gunting, mungkin khawatir rambut panjang seperti direbonding nya itu kepotong kali ya.
dah gak serem lagi deh.
3. Hantu Ndhas Nggluntung
Image
Oke, yang ketiga hantu ndhas nggluntung, hantu ini berwujud kepala yang menggelinding, rolling head ghost mungkin kalau diterjemahin ke bahasa inggris. Konon hantu ini muncul tiba-tiba menggelinding seperti bola, biasanya hantu ini muncul di jalan yang menurun. Tapi ada juga kasus hantu ini muncul seperti benda yang terjatuh (GEDHEBUG!!!) lalu menggelinding seperti ciri khasnya. Pernah suatu kisah teman kecil penulis sedang jalan di sunyinya malam dan tiba-tiba GEDHEBUGGG!!!! temen penulis berjalan ke arah sumber suara, dia pikir itu mangga jatuh, karena saat itu lokasi terdapat tanaman mangga. Alangkah terkejutnya teman penulis saat akan mengambilnya ternyata itu kepala!
ASEEETTT!!!

4. Hantu Banaspati
Image
Oke, post ke 4 Hantu Banaspati (kadang disebut juga Ganaspati/Panaspati). Sebenarnya tidak hanya ada di pemalang saja legenda hantu api satu ini. hampir seluruh pelosok desa di jawa tengah tau cerita hantu ini. Konon penampakan hantu ini selalu terbang terlihat seperti bola (kadang kepala) yang terbakar. Barangsiapa orang berpapasan dengan hantu ini, katanya si manusia akan di kejar-kejar. Dan cara penyelamatan diri dari serangan ini adalah menceburkan diri ke kolam/sungai atau juga ke sumur (nekat banget).
Kenapa gak semprotin/siram pakai air aja ya tuh hantu?
5. Hantu Kalong Wewe
Image
Oke lanjut ke post 5, yakni Kalong Wewe!
Menurut mitos yang berkembang, hantu ini berwujudkan wanita dengan sayap yang mirip kalong (sejenis kelelawar).
Hobinya menculik anak kecil yang main keluar rumah sendirian malam-malam. Kalong wewe beroperasi setelah hari sudah gelap. Meski di beritakan kerap menculik anak kecil, tapi kalong wewe tak pernah minta TEBUSAN!!!
6. Tuyul
Image
Lanjut ke post 6!
Nah, kalo makhluk yang satu ini udah pasti banyak yang tau! Yap, temennya mbak yul satu ini memang sangatlah fenomenal.  Karena makhluk yang satu ini bisa dijadikan ladang bisnis. Tuyul sendiri dibagi menjadi dua jenis.
Yang pertama Tuyul Peliharaan, yaitu tuyul yang dipelihara seorang majikan untuk mencari nafkah bagi majikannya, tugasnya mencuri uang/perhiasaan dari rumah kerumah. Yang kedua, Wild Tuyul atau tuyul tak bertuan.
konon Si tuyul liar ini biasa hidup dikebon kebon, biasanya hidup bergerombol bak buah dukuh.
hihihi.
7. Hantu Gedhe Dhuwur
Image
melanjutkan postingan ke 6 kita lanjut ke hantu yang ke 7!
Apa itu hantu gedhe dhuwur? Gedhe dhuwur jika di terjemahkan ke bahasa indonesia berarti besar dan tinggi, sesuai dengan wujud hantu ini. Biasa mangkal di pepohonan, salah satunya di pohon bambu. Mungkin ini salah satu species dari genderuwo. Hitam besar dan tinggi seperti yang dituturkan teman penulis yang pernah memergokinya. Ada juga yang menyebut hantu ini semula tampak kecil, setelah didekati menjadi semakin tinggi dan besar. Mungkin bagi manusia yang merasa kurang tinggi bisa bertanya tentang tips meninggikan badan kepada hantu ini.
yang tentunya bukan cara herbal atau kimia, tetapi dengan cara GAIB!!!!
8. Gedhabel
Image
sesuai dengan request agan dwiki yakni hantu gedhabel, penulis tampilkan di post 8 ini.
Menurut cerita yang beredar di masyarakat, hantu ini digambarkan memiliki lidah yang begitu panjang. Konon hantuvini muncul dimalam hari ketika sehabis hujan. Barang siapa dijilat olehnya jejak kaki si korban, maka si korban akan mengalami sakit yang mendadak. Bahkan dapat mengakibatkan kematian. maka dari itu jaman dulu dianjurkan memakai sandal/sepatu boot setiap keluar rumah saat hujan.Seiring dibuatnya aspal dan batako di setiap pelosok desa, cerita hantu ini tak ada kabarnya lagi. atau mungkin gedhabel tak sengaja menjilat jejak kakinya sendiri?
9. Hantu Culi
Image
tak terasa sudah postingan ke 9 yah. eh, kok itu gambarnya pocong? Biar penulis jelasin!
memang Culi adalah species dari pocong. Dulu memang pernah gegap gempitanya pocong culi ini.
kok dinamain culi? Jadi pernah suatu waktu sering terjadi penampakan pocong yang melompat-lompat sembari bilang “culi culi culi..” Culi mungkin bisa diartikan duculi/diuculi dan apabila diartikan ke bahasa indonesia adalah “dilepaskan/lepaskan”. Banyak orang beranggapan kalau culi adalah arwah seseorang yang tali pocongnya belum dilepaskan dan si pocong memberi CLUE dengan kata “CULI” tadi supaya talinya dilepas. banyak juga bilang ini ulah jin, mana mungkin arwah seseorang gentayangan kan? Tapi meski begitu fenomena culi patut mendapat rating 5 dari LHD (Lembaga Hantu Dunia).
10. Hantu Kunti Wiwi
Image
yeah lanjut postingan ke 10!
Kunti wiwi ya kunti wiwi, hantu ini satu klan dengan kuntilanak!
hantu yang mempunyai ciri khas rambut panjang gaya emo, daster kedodoran yang so putih so bersih nya (kadang dijumpai juga gaunnya kena tumpahan cat merah merona), lingkaran hitam yang mengitari mata karena sering begadang. Hantu yang tergolong lebih sopan daripada abg-abg jaman sekarang. Kunti wiwi sering mangkal di pohon² besar seperti beringin, jati dan randu. Tertawanya yang unyu membuat bulu jaket anda berdiri! Kadang juga suaranya mirip anak ayam kelaparan. Hobi main ayunan, jarang main prosotan. Nangkring di ranting sambil mainin rambut sambil nyanyi adalah moment yang mesti anda tonton bersama teman-teman anda.
11. Hantu Ronggeng
Image
Yuhuuu tak terasa sudah postingan ke 11.
Pernah lihat penari ronggeng? bagaimana rasanya ketemu ronggeng di sebuah jembatan pada malam hari?
Dulu ada sebuah legenda saat pembuatan jembatan rel kereta api di daerah pemalang. Dimana saat pembuatannya di beri hiburan tari ronggeng. Diceritakan saat penari ronggeng sedang menari di sekitar jembatan tersebut, secara sengaja/tidak sengaja penari tersebut didorong hingga jatuh ke sungai. Konon penari tersebut dijadikan tumbal supaya jembatan tersebut kokoh. Setelah kejadian itu, kata orang-orang penduduk sekitar jembatan tersebut sering melihat seorang wanita menari diatas jembatan itu. Yang sebagian orang bilang itu arwah penari ronggeng yang mati terjatuh dari jembatan itu. Berniat ingin menari bersama hantu ronggeng? download dulu lagu nyai ronggeng!
setel dah disitu.. gada musiknya gak rame!
“nyai ronggeng.. memang asyik asyik.. goyangannyaaa..”
Sekian postingan penulis kali ini.. terima kasih sudah menyimak.

Bulan Puasa Segera Tiba!

Yeah yeah yeahhh.. Bulan yg penuh berkah segera tiba, dimana semua warga muslim sedunia diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh, termasuk aku yg tampan ini *timpuk bedug*.
Puasa sendiri bisa diartikan menahan diri dari makan dan minuma serta perbuatan yg bisa membatalkan puasa, dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari.
Dan faktanya, aku selalu single setiap bulan puasa tiba! its so encowet! yeahh aku ganteng! *kumat*
Mari segenap kaum muslimin dan muslimah kita sambut bulan Ramadhan ini dengan suka cita.
Buat kaum berasmara ya pacarannya jangan terlalu NGGIYES #jomblosirik , buat kaum jomblo sendiri jangan mainan sabun 😀
Kita jalani bulan ramadhan ini dengan hal-hal yg positif, agar puasa kita lebih afdol dan ketampanan kita semakin meningkat.
Akhir kata, semoga kita selalu diberi kekuatan super. Dan maaf apabila ada kata-kata yg salah tolong koreksi saya.
Merekah!

Selamat Pagi Dunia!

Selamat pagi dunia!
Setelah tidur singkat yang saya lakukan barusan (2 jam cuyyy) cukup membuat saya merasa tambah tampan #tetep, saya ngepost lagi nih (dan lagi-lagi berantakan :)) ).
Sebenarnya saya masih merasa lelah dan ingin berlama-lama di kasur lantai tercinta setelah tadi malam begadang nonton wayang kulit semalam unyu.
Entah mengapa saya begitu suka nonton wayang kulit. Mungkin karena pesona para sinden membuatku betah kali yaa.. Sayangnya tadi malam hujan membuatku galau dan mendadak kangen rumah. Akhirnya ku urungkan minta akun fb dan nomer hp mbak sindennya dan cabut pulang kerumah.
Apa sih enaknya nonton wayang?
Rame! Apalagi kalau tokoh wayang yang dimainkan adalah toko kocak seperti punakawan, penonton tak berhenti tertawa! (meski kadang saya tidak tau jalan ceritanya).
Momen yang membuat mata kuat melek adalah ketika para sinden menyanyi.
Semua itu membuat saya merasa bergairah kembali, meski kadang tembangnya mendayu-dayu 😀

Hello Encoweters!

Ciluk..baaa!!! Alhamdulillah setelah adanya bantuan dari secangkir teh hangat, sebatang rokok, paket internet saya dan tentunya rasa kantuk saya serta semangat dan tekad yang kuat, sekuat kuli bangunan yang mengangkat beribu-ribu sak semen, maka terciptalah sebuah blog yang amat sangat sederhana dan acak-acakan ini. Encowet’s Blog!
Mungkin nanti blog ini akan saya isi tentang kisah saya dengan pacar saya Wiwid Gunawan (ngarepp..) yang fenomenal dan bikin anda mual-mual. Atau mungkin tentang artikel lainnya.
Semuanya masih dipikirkan matang-matang. Dan apabila berkenan sering mampirlah ke Blog saya ini meskipun setiap kali anda selesai melihatnya anda tiba-tiba muntaber 3 hari 3 malam.
Dan setiap kritikan dan saran akan selalu saya tampung di panti asuhan.
Akhir kata, terimakasih telah membaca ketikan saya yang mblegedez ini semoga anda selalu diberikan kekuatan super. Apabila ada salah-salah kata saya minta angpaunya. 🙂
Selamat pagi siang sore malam! Merdeka!